Tentang kopi | Desain Warung Kopi | Jenis-Jenis Kopi | Tentang Barista

Friday, September 2, 2016

Manfaat minum kopi tanpa gula

Manfaat minum kopi tanpa gula - Kopi merupakan minuman paling populer di seluruh dunia, bagi anda pencinta kopi tentu sangat senang sekali dengan judul diatas "Manfaat minum kopi tanpa gula", banyak alasan kenapa anda harus senang mengkonsumsi kopi tampa gula.

Manfaat minum kopi tanpa gula

Kopi itu Kaya Oksidan

Kopi sarat dengan antioksidan, termasuk flavonoid dan asam chlorogenic , yang membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Kopi juga mengandung magnesium, kalium, niasin, dan kolin, dan merupakan sumber yang baik dari vitamin B2 atau riboflavin.


Meningkatkan mood

Perempuan yang secara teratur minum kopi berkafein, kemungkinannya terkena depresi 20 persen lebih jarang dibandingkan dengan mereka yang hanya minum sedikit atau tidak sama sekali, kata para peneliti Harvard. Ini mungkin disebabkan "perasaan baik" karena bahan kimia dopamin dan serotonin yang dilepaskan oleh kafein ke dalam otak.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum 3-4 cangkir kopi sehari mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 25 persen. Hal ini diyakini karena asam chlorogenic  dan trigonelline  dalam kopi yang memberikan aroma yang enak serta membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

manfaat minum kopi tanpa gula di pagi hari

Daya ingat
Duaratus miligram kafein mampu meningkatkan kemampuan memori dalam jangka waktu lama, kata sebuah studi terbaru.

Kulit
Wanita yang rutin mengonsumsi tiga cangkir kopi pahit perhari, secara signifikan turun risikonya terhadap kanker kulit melanoma, menurut studi tahun 2012.

Liver
Konsumsi lebih dari dua cangkir kopi perhari, dapat mengurangi risiko penyakit liver seperti sirosis hati.

Membuat Bahagia
National Institute of Health menemukan peminum kopi empat cangkir atau lebih per hari 10 persen lebih kecil kemungkinannya terkena depresi dibandingkan mereka yang tidak pernah minum kopi. Penyebabnya bukan karena kafein. Menurut Honglei Chen, MD, PhD, antioksidan yang bterkandung dalam kopi membuat Anda merasa senang.
manfaat minum kopi bagi pria
manfaat minum kopi bagi pria


Kurangi Resiko Kanker Kulit
Ini hanya berlaku bagi perempuan. Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School mengikuti 112.897 pria dan wanita selama 20 tahun. Perempuan yang minum tiga cangkir kopi atau lebih per harinya lebih kecil kemungkinannya terkena kanker kulit dibanding mereka yang tidak minum kopi.

Perbaiki Stamina Atlet
New York Times melaporkan kafein meningkatkan asam lemak dalam aliran darah, yang memungkinkan otot atlet untuk menyerap dan membakar lemak sebagai bahan bakar. Sehingga ada simpanan karbohidrat yang bisa dimanfaatkan saat atlet berlomba atau berlatih.

Kurangi Resiko Diabetes Tipe 2
Menurut studi The American Chemical Society, mereka yang mimum empat cangkir kopi atau lebih per hari mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 hingga 50 persen. Dengan setiap tambahan satu cangkir, resikonya berkurang 7 persen.

Otak Sehat Lebih Lama
Peneliti dari universitas di South Florida dan Miami menemukan, bahwa mereka yang berusia lebih dari 65 tahun dan memiliki kadar kafein tinggi pada darahnya akan lebih lambat terkena Alzheimer dua hingga empat tahun dibanding yang hanya memiliki kadar kafein rendah. Dr. Chuanhai Cao yakin konsumsi kopi dalam jumlah banyak bisa mengurangi resiko terkiena Alzheimer atau setidaknya memperlambatnya.



Jadi Lebih Cerdas
CNN melaporkan kopi memungkinkan otak bekerja secara lebih efisien dan pintar. Reporter TIME Michael Lemonick mengatakan, "Jika Anda kurang tidur dan minum kopi, semua yang Anda lakukan akan menjadi lebih baik. Reaksi, kewaspadaan, perhatian, bersikap rasional - kebanyakan fungsi kompleks yang terkait dengan kecerdasan.
manfaat minum kopi  arabica


Bantu Kesehatan Hati
Studi tahun 2006 menunjukkan mereka yang minum setidaknya satu cangkir kopi sehari, 20 persen lebih kecil kemungkinannya terkena sirosis hati - penyakit yang disebabkan konsumsi alkohol berlebihan dan bisa mengakibatkan gagal hati dan kanker.


Kurangi Resiko Parkinson
ScienceDaily melaporkan kopi bisa membantu pengidap Parkinson mengendalikan gerakannya. Selain itu, salah seorang peneliti studi tersebut, Ronald Postuma mengatakan, "Mereka yang minum kopi berkafein lebih kecil resikonya tekena penyakit Parkinson."

 Aroma Kopi Kurangi Stres
Peneliti Seoul National University memeriksa otak tikus stres karena kekurangan tidur. Saat tikus diekspos ke aroma kopi terjadi perubahan pada protein otak yang terkait dengan stres. Tingkat stres pada tikus berkurang. Hanya perlu ditegaskan, stres yang diuji hanyalah stres karena kurang tidur.

Ibu jari
Minum enam cangkir kopi perhari nampaknya bisa mengurangi kadar asam urat terutama pada pria, sehingga risiko gout berkurang hingga 59 persen.


Mood
Risiko depresi pada wanita berkurang hingga 20 persen pada wanita yang minum secangkir kopi, demikian kata penelitian Harvard School of Public Health.


jantung
Mengonsumsi 200-300 mg kopi perhari membuat jantung bekerja lebih baik dengan cara melancarkan peredaran darah saat Anda beristirahat.


Energi
Minum tiga sampai empat cangkir kopi perhari akan membuat Anda lebih berenergi dan lebih tahan lama berolahraga, kata sebuah studi Plos One.



diabetes
Konsumsi secangkir kopi tanpa gula perhari menurunkan risiko diabetes hingga 33 persen, menurut studi dari Harvard.


Kira-kira bagaimana cara memaksimalkan minum kopi



manfaat kopi pahit bagi tubuh
Tahu batas
Para ahli merekomendasikan konsumsi 300 - 400 mg kafein per hari untuk orang dewasa yang sehat. "Itu kira-kira tiga espresso atau lima cangkir kopi instan," jelas pakar diet Kate Gudorf, yang juga juru bicara untuk asosiasi ahli gizi dari Australia. "Bila lebih dari itu, mungkin malah dapat menghilangkan manfaatnya. Anda juga jadi mudah marah, cemas, sakit kepala, dan gangguan tidur, yang dapat memiliki konsekuensi negatif untuk kesehatan Anda. "



Perhatikan tambahannya
Menambahkan "penyedap" seperti gula, whipped cream , dan sirup rasa (seperti caramel atau hazelnut) tidak akan mengurangi manfaat kesehatan dari kopi, kata Gudorf, tetapi dapat meningkatkan ukuran lingkar pinggang Anda. "Anda masih akan mengonsumsi antioksidan, tetapi dengan tambahan gula dan lemak jenuh," katanya. "Misalnya, latte penuh lemak dengan satu sendok teh gula tiga kali sehari bisa mengandung lemak jenuh sebanyak burger."


Pilih kopi instan jika kolesterol tinggi
Kopi mengandung cafestol dan kahweol, minyak yang meningkatkan kadar kolesterol buruk. Metode pembuatan kopi yang menggunakan kertas atau filter logam halus akan menghilangkan minyak tersebut. The Heart Foundation merekomendasikan bahwa orang dengan masalah kolesterol lebih baik minum kopi yang telah disaring daripada kopi yang belum disaring. Jadi, minumlah kopi instan, atau kopi yang dibuat dengan mesin espresso.

baca juga : Arti warna-warna dalam desain warkop

Coba dark roast jika perut sensitif
Dark roasted coffee , atau kopi yang dipanggang dengan suhu sangat tinggi, akan menghilangkan citarasa kopi yang tidak diinginkan, misalnya kadar asamnya. Namun, keunikan citarasa kopi pun bisa berkurang. Itu sebabnya, kualitas kopi dark roast  sering dikatakan di bawah kopi light roast . Hanya saja, kopi dark roast  mungkin akan lebih "bersahabat" untuk perut karena mengandung zat yang membantu untuk mengurangi rasa asamnya, kata peneliti dari Austria dan Jerman. Kopi jenis ini juga mengandung lebih sedikit kafein. Jika terasa sedikit mulas, pilih caffe latte  alias kopi susu saja, karena susu dapat membantu meredakan rasa mulas.

*diambil dari berbagai sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat minum kopi tanpa gula

0 comments:

Post a Comment